Struktur Organisasi Universitas Lambung Mangkurat dapat dilihat pada bagan di bawah ini.

Bagan Struktur Organisasi ULM

Struktur Organisasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dapat dilihat pada bagan di bawah ini.

Berdasarkan Bagan di atas, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dipimpin oleh seorang Dekan dan dibantu oleh tiga wakil Dekan, yaitu Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Keuangan, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki 21 (dua puluh satu) program studi, yang masing-masing program studi dipimpin salah seorang dosen yang dipilih sebagai Koordinator Program Studi. PS BK FKIP ULM merupakan salah satu diantara 21 program studi. Koordinator PS BK FKIP ULM  sebagai salah satu Koordinator Program Studi pun mengikuti mekanisme yang sama, yakni dipilih diantara dosen-dosen PS BK FKIP ULM melalui pemungutan suara dan diangkat melalui SK Rektor [Surat Keputusan Rektor ULM Nomor 686/UN8/KP/2019 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan Koordinator Program Studi di Lingkungan FKIP ULM Periode 2019-2023]

Tugas pokok dan fungsi pemimpin di FKIP ULM :

  1. Tugas pokok dan fungsi Dekan

Tugas dekan adalah memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, membina tenaga pendidik dan kependidikan, mahasiswa, dan tenaga administrasi fakultas.

  1. Tugas pokok dan fungsi Wakil Dekan Bidang Akademik

Tugas Wakil Dekan Bidang Akademik adalah membantu dekan dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Secara rinci tugas wakil dekan bidang akademik berkenaan dengan:

  1. Bertugas membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta kerjasama.
  2. Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan, dan melakukan Evaluasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Membina dosen di bidang akademik dan mengarahkan studi lanjut dosen yang relevan sesuai kebutuhan.
  4. Menelaah pembukaan program studi baru di berbagai strata pendidikan.
  5. Melakukan inventarisasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Melakukan pemantauan dan Evaluasi proses pembelajaran setiap semester.
  7. Melakukan pemantauan dan Evaluasi sistem penerimaan mahasiswa baru.
  8. Melakukan pengendalian standarisasi baku mutu pendidikan akademik dan profesi.
  9. Menyelenggarakan pengelolaan data bidang administrasi akademik.
  10. Melakukan koordinasi fungsional dengan Wakil Rektor Bidang Akademik.
  11. Melakukan penelaahan kurikulum sesuai dengan perkembangan.
  12. Menyusun dan menyampaikan laporan tahunan kepada Dekan.
  13. Tugas pokok dan fungsi Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan

Tugas Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan adalah membantu dekan dalam hal memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang umum dan keuangan. Secara rinci tugasnya berkenaan dengan:

  1. Bertugas membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Sistem Informasi, dan Keuangan.
  2. Melakukan pembinaan karier dan kesejahteraan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
  3. Mengurus dan melaksanakan ketatausahaan, kerumahtanggaan, ketertiban, keamanan, dan tata kelola lingkungan.
  4. Menyelenggarakan hubungan ke masyarakat.
  5. Menyelenggarakan pengelolaan data Bidang Administrasi Umum dan Keuangan.
  6. Melakukan pemantauan dan Evaluasi kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
  7. Melakukan koordinasi penyusunan anggaran pada unit-unit kerja serta mengEvaluasi anggaran.
  8. Melakukan koordinasi fungsional dengan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan.
  9. Menyusun dan menyampaikan laporan tahunan kepada Dekan.
  10. Tugas pokok dan fungsi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

Tugas Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni adalah membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan bidang kemahasiswaan, pelayanan kesejahteraan mahasiswa, dan alumni. Adapun secara rinci uraian tugas Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana dan program kerja bidang pembinaan dan pelayanan kemahasiswaan sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidangnya.
  3. Memberi arahan kepada bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  4. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik.
  5. Mengawasi pelaksanaan tugas bawahan untuk mengetahui permasalahan dan penanggulangannya.
  6. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pembinaan karier.
  7. Menetapkan kebijaksanaan teknis di bidang pembinaan serta kesejahteraan mahasiswa.
  8. Memberikan layanan teknis di bidang pembinaan serta kesejahteraan mahasiswa.
  9. Menyusun petunjuk teknis pelaksanaan di bidang pembinaan serta pelayanan kesejahteraan mahasiswa sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  10. Menelaah peraturan perundang-undangan bidang kemahasiswaan untuk penjabaran pelaksanaannya.
  11. Melakukan pembinaan kelembagaan mahasiswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  12. Monitoring dan Evaluasi terhadap kinerja bidang kemahasiswaan.
  13. Melakukan koordinasi dengan IKA FKIP ULM dan IKA ULM.
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.
  15. Tugas pokok dan fungsi Koordinator Program Studi

Koordinator PS berperan besar menjalankan tugas dan mekanisme organisasi program studi terutama dalam memastikan keterlaksanaan kegiatan tridharma agar selaras dengan Visi keilmuan PS, oleh karena itu Koordinator PS memiliki wewenang untuk:

  1. Menyusun bahan program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Membuat dan menetapkan tentang program utama dan program tambahan tridharma serta kombinasi dari dua program tersebut.
  3. Mengatur tugas-tugas dosen dan melakukan pengawasan dalam pelaksanaannya.
  4. Mengatur pemanfaatan sarana-sarana penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Mengatur tugas-tugas penasehat akademik/Dosen Wali.
  6. Berkoordinasi dan melakukan Evaluasi terhadap kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen agar selaras dengan Visi keilmuan.
  7. Melakukan Evaluasi dan berkoordinasi terkait dengan rancangan pengembangan kurikulum.
  8. Menyelenggarakan kegiatan pertemuan-pertemuan ilmiah yang memunculkan Visi keilmuan PS.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  sudah mewujudkan praktik good governance dalam tata pamong yang mencakup lima pilar kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, dan berkeadilan. Berikut adalah good governance dalam tata pamong Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan:

  1. Kredibilitas

Untuk menunjang syarat utama keterlaksanaan prinsip kredibilitas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, maka diawali dengan pemilihan pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dilakukan berdasarkan syarat yang telah ditetapkan melalui uji kepatutan dan kelayakan oleh Rektor Universitas Lambung Mangkurat sehingga fakultas dapat memiliki pimpinan yang kredibel, mampu mengemban tugas dan bertanggung jawab Oleh karena itu, langkah pemilihan pimpinan FKIP dimulai dari Senat FKIP yang membentuk panitia pemilihan kandidat calon Dekan, membentuk aturan calon Dekan dan kesediaan calon Dekan yang selanjutnya diverifikasi, apabila hasilnya sudah didapat maka dilanjutkan dengan pemilihan melalui pemungutan suara di Dewan Senat FKIP, hasil pemungutan suara diajukan ke Rektor ULM sebagai bahan pertimbangan, calon Dekan FKIP terpilih  ditetapkan dan dilantik oleh Rektor ULM berdasarkan Surat Keputusan Rektor ULM. Pada tingkat Program Studi, pilar kredibilitas dalam sistem tata pamong di PS BK FKIP ULM ditunjukkan dengan dalam rangka penyusunan dan peninjauan kurikulum yang melibatkan seluruh unsur termasuk alumni, stakeholder dan pakar Ilmu Pendidikan secara umum dan pakar bimbingan dan konseling secara khusus yang akan memberikan masukan dan saran sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini dan prediktif futuristik kompetensi sesuai dinamika era disrupsi.

  1. Transparansi

Transparansi diartikan sebagai keterbukaan, transparansi sistem tata pamong Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diwujudkan melalui penyediaan informasi yang dapat diakses baik offline maupun Online oleh semua civitas akademika dan para stakeholders. Informasi tersebut berupa informasi tentang penyelenggaraan pendidikan dan pengelolaan fakultas yang diwujudkan dalam bentuk: (a) Buku Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan di ULM, (b) Rapat kerja oleh Fakultas dan Program Studi di FKIP yang diselenggarakan secara terpadu dan berkelanjutan, agar seluruh pimpinan, karyawan dan dosen mengetahui dan memahami dengan jelas tentang semua peraturan, mekanisme kerja, DPA, rencana kerja dan target pencapaian kinerja, dan (c) Website Universitas, Fakultas hingga Program Studi yang dapat diakses oleh semua cIVitas akademika dan masyarakat luas. Website Universitas Lambung Mangkurat dapat diakses melalui: https://ulm.ac.id/id/, website Fakultas dapat diakses melalui: https://fkip.ulm.ac.id/, dan website PS BK FKIP ULM dapat diakses melalui: hrrps://bk.fkip.ulm.ac.id/. Khusus Evaluasi akademik mahasiswa diinformasikan melalui sistem SIMARI (https://simari.ulm.ac.id) secara terintegratif sehingga mahasiswa dan orangtua dapat mengetahui hasil akademik dan biaya pendidikan. Informasi pendukung juga dapat diakses pada PDDIKTI.

  1. Akuntabilitas

Pilar akuntabilitas terhubung dengan efektif dan efisiensi tata pamong Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tergambar pada perencanaan dan pelaksanaan anggaran kegiatan yang diselenggarakan PS. Perencanaan anggaran dilakukan dalam bentuk rapat penyusunan RAB oleh Fakultas bersama Program Studi dan Jurusan. Prosedur penggunaan anggaran dimulai dari permohonan pengajuan kebutuhan anggaran kepada Wakil Rektor Bidang Keuangan Universitas Lambung Mangkurat oleh pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kemudian direalisasikan oleh PS BK FKIP ULM dalam kegiatan real.

  1. Tanggung Jawab

Tanggung jawab erat kaitannya dengan mendasari segala kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan PS BK FKIP ULM sesuai dengan  Visi lembaga, Visi keilmuan, tujuan, dan strategi pencapaian. Oleh karena itu, tata pamong dari dekan hingga Koordinator PS BK FKIP ULM memastikan keterlaksanaan Visi lembaga, Visi keilmuan, tujuan, dan strategi pencapaian melalui memanajemen seluruh pelaksanaan akademik; mengelola organisasi dan bertanggung jawab terhadap yang mengarah pada pengembangan program yang mengimplementasikan kegiatan tridharma dan support system berjalannya kegiatan tridharma. Setiap akhir semester Koordinator PS BK FKIP ULM bertanggung jawab melaporkan kegiatan akademik ke Universitas Lambung Mangkurat melalui SIMARI ULM (https://simari.ulm.ac.id) sebagai pertanggungjawaban dharma pendidikan. Menjalankan mekanisme administrasi PS BK FKIP ULM untuk dharma penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

  1. Berkeadilan

Berkeadilan menunjukkan proporsional tata pamong menunjukkan peran Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mendelegasikan tugas dan tanggung jawab pada setiap bagian dengan adil dan bijaksana sesuai dengan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) dan juga peran Koordinator PS BK FKIP ULM untuk memberi kesempatan kepada setiap dosen berperan aktif melakukan kegiatan-kegiatan PS BK FKIP ULM sebagai tim kepanitian kegiatan Memberikan kesempatan dosen PS BK FKIP ULM untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan dengan mewakili PS BK FKIP ULM sesuai minat dan keahlian  khusus pada setiap even baik yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat dan pada pertemuan ilmiah ataupun pertemuan non ilmiah, kompetisi maupun perlombaan di tingkat UPPS, regional, nasional dan internasional.