Sistem dan pelaksanaan tata kelola di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan didasari pada siklus PPEPP yakni Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan.  Rincian tata kelola dirinci menjadi sembilan langkah meliputi perencanaan, pengorganisasian, pemilihan dan penempatan personel, pelaksanaan, pemantauan dan pengawasan, pengendalian, penilaian, pelaporan, dan pengembangan.

  1. Perencanaan

Perencanaan dimaksudkan sebagai proses untuk mencapai tujuan, perencanaan yang dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengacu pada Visi, misi, tujuan, dan sasaran yang diwujudkan dalam bentuk rencana strategi dan rencana operasional [Lampiran Dokumen Renstra dan Renop]. Dari rencana strategi dan rencana operasional Universitas Lambung Mangkurat kemudian diturunkan ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Setiap 4 (empat) tahun sekali direvisi menjadi acuan, untuk penyusunannya dilaksanakan dengan melibatkan tim kerja Fakultas, terkhususkan Unit Penjaminan Mutu FKIP, dan semua Koordinator Program Studi di lingkungan FKIP ULM dan disahkan oleh Dekan. Rencana strategi dan rencana operasional dilakukan revisi dengan mempertimbangkan analisis kondisi, asumsi, dan prioritas program untuk memperkuat implementasi bidang keunggulan penghasil tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan lahan basah.

Perencanaan dari strategi pencapaian dan strategi operasional diturunkan ke dalam perencanaan program kerja tahunan disusun melalui Rencana Kerja dan Anggaran-Kementerian/Lembaga (RKA-KL) sesuai dengan kebutuhan rencana anggaran belanja Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan PS Bimbingan dan Konseling. Mekanisme penyusunan perencanaan tersebut disusun dan diadakan dalam rapat oleh Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, dan Koordinator PS sesuai pagu anggaran masing-masing.

  1. Pengorganisasian

Setiap kegiatan di tingkat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan didasari pada mekanisme pengorganisasian yang jelas dan terukur berdasarkan prosedur manajemen operasional  untuk  melaksanakan tugas, fungsi, wewenang dan tanggung jawab setiap unit. Setiap kegiatan baik yang dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan maupun oleh PS BK FKIP ULM dibentuk berdasarkan analisis kebutuhan dan kepanitian yang disusun dimulai dengan Proposal Usulan Kegiatan, Laporan Pertanggungjawaban Keuangan, dan Laporan Kegiatan. Setiap kegiatan tersebut berdasarkan kepanitian yang mendapatkan legalitas berdasarkan surat keputusan pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

  1. Pemilihan dan penempatan personel

Pemilihan dan penempatan personel untuk melaksanakan kegiatan maupun yang menjalankan wewenang suatu program, dipertimbangkan melalui proses pengajuan usulan pengangkatan staf tenaga pendidik yang disesuaikan dengan kualifikasi keilmuan, kompetensi yang dibutuhkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan PS dengan mempertimbangkan rasio jumlah mahasiswa dan karakter kegiatan yang diselenggarakan. Hal yang sama juga dilakukan pada pengusulan pengangkatan tenaga kependidikan. Pengembangan dosen diarahkan pada pendidikan prajabatan, peningkatan kualifikasi studi lanjut S3, kompetensi keahlian khusus dan pendukung, lokakarya pertemuan ilmiah, kursus, pelatihan PEKERTI dan AA.

Untuk menjamin terpeliharanya mutu personel yang ditempatkan, maka pembinaan tenaga dosen dan kependidikan dilakukan dengan penerapan sistem pemberian penghargaan kepada yang berprestasi, dan sanksi bagi yang melanggar disiplin pegawai negeri sipil sesuai dengan aturan yang berlaku.

  1. Pelaksanaan

Kegiatan yang direncanakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan setidaknya terbagi ke 5 (lima) kegiatan yakni pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, manajemen dan pemanfaatan sarana prasarana dalam Universitas Lambung Mangkurat melalui Rencana Kerja dan Anggaran-Kementerian/Lembaga (RKA-KL) dilakukan sesuai dengan kebijakan yang berlaku dan dilaksanakan sesuai dengan pengarahan dan pengawasan pimpinan Fakultas yang bersandar pada perencanaan.

  1. Pemantauan dan pengawasan

Kegiatan yang terlaksana perlu dipantau dan diawasi agar tetap bersinergis sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Pemantauan dan pengawasan memungkinkan mutu dari program keseluruhan terlaksana sebagaimana seharusnya. Pada saat pelaksanaan program kegiatan, pengawasan dilakukan hendaknya dapat berkesesuaian dengan sistem pengawasan mutu akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dengan diaudit secara internal oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) di tingkat Universitas Lambung Mangkurat, Unit Penjaminan Mutu (UPM) di tingkat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) di tingkat PS BK FKIP ULM

Pengawasan tenaga akademik/dosen secara spesifik dilakukan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik melalui laporan kinerja pada Beban Kerja Dosen (BKD) masing-masing dosen yang meliputi laporan tridharma perguruan tinggi.

Pemantauan dan pengawasan yang terkait dengan keuangan, operasionalisasi tenaga kependidikan dan manajemen kepegawaian dilakukan oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan.

Sedangkan untuk kegiatan kemahasiswaan dan keorganisasian pengawasan dan pemantauannya dilakukan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan.

Hasil dari audit internal mutu akademik, kinerja dosen dan tenaga kependidikan dibahas dalam rapat setiap akhir semester dan merupakan bahan Evaluasi untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan. Pemantauan dan pengawasan keuangan dilaksanakan melalui laporan penggunaan dana (laporan keuangan) dan audit keuangan oleh auditor independen. Pengawasan eksternal dilakukan oleh DIKTI melalui PD Dikti.

  1. Pengendalian

Setiap kegiatan yang telah dilaksanakan dilakukan pengendalian oleh pimpinan Fakultas agar kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan perencanaan khususnya berkaitan dengan tingkat kehadiran presensi dan keaktifan kegiatan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan PS Bimbingan dan Konseling. Kehadiran Tenaga Pendidik (Dosen) dan Tenaga Kependidikan dilakukan dengan menggunakan aplikasi berbasis mobile untuk melakukan pencatatan secara daring. Aplikasi ini dapat diunduh di google play store. Hal yang sama juga berlaku untuk mahasiswa melalui aplikasi Portal Mahasiswa ULM yang juga dapat diunduh di google play store. Aplikasi ini digunakan untuk pengelolaan akademik mahasiswa, seperti Aktivitas pengelolaan rencana studi, bimbingan akademik, kartu ujian dan hasil studi (penilaian) serta pengisian kuesioner. Untuk seluruh kegiatan civitas akademik dikendalikan melalui SIMARI ULM (https://simari.ulm.ac.id). SIMARI adalah Sistem Informasi Universitas Lambung Mangkurat Terintegrasi. Semua aplikasi saling terhubung dan tidak tumpang tindih. SIMARI dikembangkan dengan prinsip SIMPUN (Sistematis, Informatif, Mandiri, Partisipatif, Utuh dan Non-redudansi) Dengan SIMARI yang SIMPUN (bahasa banjar: tertata) diharapkan mampu mewujudkan Sistem Informasi ULM yang terkelola dengan baik. Layanan di SIMARI adalah Manajemen, layanan untuk pimpinan ULM; Akademik, layanan untuk semua akademik fakultas di ULM; Dosen, layanan untuk semua dosen pengajar di ULM; dan Mahasiswa, layanan untuk mahasiswa ULM. Sedangkan di tingkat Fakultas informasi kegiatan dikendalikan melalui: https://fkip.ulm.ac.id/

  1. Penilaian

Sistem penilaian tata kelola di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk dosen berdasarkan pada Beban Kinerja Dosen (BKD) berdasarkan laporan pencapaian kegiatan tridharma Perguruan Tinggi dan penunjang kegiatan tridharma tersebut. Setiap dosen wajib melaporkan BKD melalui SISTER (https://sister.ulm.ac.id) yang selanjutnya BKD tersebut akan dinilai oleh Asesor BKD yang ditunjuk oleh ULM.

  1. Pelaporan

Semua kegiatan yang dilaksanakan di tingkat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dilaporkan ke pimpinan Fakultas untuk menjamin kesesuaian perencanaan awal sesuai rencana strategi dan rencana operasional dengan hasil yang dicapai dalam bentuk Evaluasi program dan kegiatan. Pelaporan pada bidang penelitian dan bidang pengabdian kepada masyarakat dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Meskipun demikian, khusus kegiatan peningkatan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pihak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menunjang kualitas mutu pelaporan dan produk melalui seminar,pelatihan dan workshop agar Visi kelembagaan FKIP dan Visi keilmuan PS terjamin terlaksana dengan baik.

  1. Pengembangan

Pengembangan tata kelola di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM dapat dilihat dari target pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Fakultas, seperti meningkatkan persentase Program Studi melaksanakan kerjasama dengan mitra, meningkatkan persentase mata kuliah yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (team-based project) sebagai bagian bobot Evaluasi, meningkatkan jumlah Bahan Ajar (Buku/Modul dan lain-lain), meningkatkan kualitas lulusan Program Studi, meminta Program Studi memasukkan Muatan Kurikulum Program Unggulan Lingkungan Lahan Basah (LLB), melaksanakan program mahasiswa yang mengikuti kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), meningkatkan jumlah judul dan dosen yang terlibat melaksanakan penelitian dan jumlah penelitian yang bermutu, meningkatkan jumlah publikasi hasil penelitian pada pertemuan ilmiah dan jurnal nasional serta internasional, meningkatkan hasil penelitian dosen yang mendapat HKI, meningkatkan hasil penelitian yang iNovatif, meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat yang dapat mengoptimalkan potensi/keunggulan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengimplementasikan sistem informasi manajemen berbasis ICT yang mendukung operasional dan sistem pengambilan keputusan, meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga pendidik, meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga kependidikan, meningkatnya tata kelola Unit kerja di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan