Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat kembali menggelar acara Pemilihan Duta BK tahun 2022 yang rutin diadakan setiap tahunnya dengan mengusung tema “Eksplorasi Potensi Generasi Z di Era Metaverse, Mewujudkan Lulusan Bimbingan dan Konseling yang Bermutu untuk Mewujudkan Dunia Lebih Maju” dan diikuti sebanyak 12 peserta dari Mahasiswa aktif Bimbingan dan Konseling.

Tahapan seleksi berkas, wawancara, dan pembekalan dilaksanakan secara berturut-turut sejak 9 Mei hingga 24 Mei 2022 yang dilaksanakan secara hybrid. Kemudian Sabtu, 28 Mei 2022 kemarin, bertempat di gedung KNPI puncak acara pemilihan Duta BK diselenggarakan dan resmi dibuka secara langsung oleh Prof. Dr. Dwi Atmono, M. PD. M. Si selaku Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan FKIP ULM.

Sephia Stefanie sebagai ketua pelaksana acara menyampaikan bahwa kegiatan pemilihan duta BK ini bertujuan sebagai fasilitator atau wadah pemilihan terhadap potensi mahasiswa dan mahasiswi program studi bimbingan dan konseling yang berprestasi baik dalam bidang akademik selain itu bertujuan untuk mengeksistensikan program studi BK ke lingkungan masyarakat luas. Sehingga diharapkan nantinya perwakilan ini bisa menggemban tugasnya dengan sebaik-baiknya ketika menanggung nama program studi BK dibahunya.

Ditambahkan oleh M. Aditya Ramadhan selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling mengatakan bahwa “kegiatan kali ini merupakan program kerja dari HIMBIKONS dan di pertanggung jawabi oleh bidang humas, serta pada tahun ini Alhamdulilah bisa dilaksanakan kembali walaupun tetap menggunakan masker” ucapnya.

Setelah melewati segala proses pemilihan meliputi penyampaian visi misi, unjuk bakat dan tanya jawab sampai babak penyisihan 8 besar. Juri pun memutuskan atas nama Renandra Prayudy (Angkatan 2021) dan Eva Nurmaulida (Angkatan 2020) yang terpilihnya sebagai Duta BK 2022.

Lantas, sebagai Duta BK 2022 lelaki itu menyampaikan kesan “Sebagai angkatan paling muda, saya merasa cukup gugup karena harus bersaing dengan angkatan diatas saya yang sudah lebih berpengalaman dan sempat membuat saya cukup pesimis untuk bisa berkompetisi dalam ajang pencarian duta BK ini. Namun karena antusias serta dukungan dari teman angkatan, saya tetap memberanikan diri untuk ikut dan alhamdulillah saya berhasil menjadi salah satu bagian dari Duta BK 2022” sambungnya untuk harapan kedepannya “saya bisa menjadi pelopor mahasiswa BK untuk terus meningkatkan kualitas serta minat dan daya tarik BK agar terus dikenal oleh masyarakat umum”.

Leave a Comment